Rabu, 11 Februari 2009

-16- Lebong, Daerah Mana Sih?!

Sudah sekitar 8 bulan ini aku tugas di Lebong. Kalau dilihat dari konsep penduduk, maka aku memang sudah termasuk warga Lebong. Lagian, baru 1 bulan di sini aja aku dah punya KTP Lebong kok. Betewe, Lebong daerah mana sih?

Lebong merupakan nama salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu. Ada yang belum pernah dengar nama daerah ini? Hmm, wajar aja sih. Kabupaten Lebong memang kabupaten baru, hasil pemekaran dari kabupaten induknya, Rejang Lebong. Kabupaten Lebong ibukotanya adalah Kota Muara Aman, sekitar 2 jam dari ibukota Rejang Lebong, Curup. Sori yah, aku gak ngerti kilometer gitu, taunya jam2an aja, hehe.

Tahukah Anda bahwa Lebong adalah daerah penghasil emas? Kaya pelajaran anak TeKa ajah... Tapi iya loh, di Lebong banyak daerah pertambangan emas, bahkan emas yang di Monas itu asalnya dari Lebong. Gak percaya? Tanya gih sama Om Google...

Lebong juga merupakan daerah pegunungan, tapi udaranya gak dingin. Hmm, simpelnya gini. Kita misalkan daerah Lebong adalah sebuah wajan (tahu wajan kan, yang buat goreng2 itu loh...), maka Kota Muara Aman dan sekitarnya adalah dasar wajan yang daerahnya relatif datar. Tapi, untuk keluar dari Lebong (baca: pusat kota), baik ke arah Bengkulu Utara maupun ke arah Curup, kita perlu mendaki bukit. Jalannya naik turun dan meliuk2, apalagi ke Curup. Wah, Puncak kalah dah...

Nah, berikut adalah beberapa HAL yang bisa aku potret tentang Lebong.

Lobang Kacamata

Orang Lebong hebat loh. Bayangin aja, mereka bisa menembus gunung batu. Yupz, penduduk Lebong menambang emas di gunung2. Jangan bayangin gunung2 biasa, tapi gunung batu. Sedikit demi sedikit mereka melubangi gunung, terus ke dalam. Tapi hii, coba bayangkan juga seandainya pas lagi sial trus ketemu bagian yang rapuh. Bisa2 ketimpa gunung tuh. Eitts, pernah kejadian loh, katanya siy.

Nah teman2, hasil dari melubangi gunung itulah yang kemudian melahirkan frakse Lobang Kacamata. Yuppy, berhubung lubang di (suatu) gunung ada 2, selain jadi daerah pertambangan, daerah tersebut juga akhirnya menjadi salah satu objek wisata di Kabupaten Lebong yang disebut Lobang Kacamata. Silakan liat2 gambarnya di bawah...


Danau Tes

Di Kabupaten Lebong juga terdapat danau, namanya Danau Tes. Menurutku danau ini lumayan besar, dan yang pasti juga indah.


PLTA Tes

Limpahan air di Danau Tes tadi dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik, namanya PLTA Tes. Mungkin itulah kenapa di Lebong jarang mati lampu, kaya di Mukomuko. Uuppss...


Wisata Suban Air Panas, Air Putih

Di daerah air putih ada wisata air panas loh. Meskipun menurutku belum terlalu terpelihara, tapi bolehlah aku tampilin gambar2nya. Ini neh...


Waduh, dah dulu yah... kok mataku rasanya berat. Besok2 kita lanjut dengan potret fasilitas publik-nya Lebong. Bubye...

4 komentar:

  1. munafik lo mau enaknya aja....

    BalasHapus
  2. ?????????????????

    BalasHapus
  3. Saya baru saja melihat lobang kacamata itu di tempat asalnya. menarik juga untuk dilihat lebih dalam. tapi sayang, waktunya gak cukup. suatu saat saya ingin mengunjunginya lagi... thanks informasinya. salam kenal :D

    BalasHapus
  4. Salam kenal juga, makasih dah sudi mampir ke rumah mayaku. Lain waktu silakan mampir lagi ke lobang kacamata dan tempat2 lain di Lebong... ^^ *mode bantuin promosi*

    BalasHapus