Rabu, 01 April 2009

-32- I'm Not A Perfectionist

Berkali-kali aku berpikir, mencoba menggali lebih dalam pandangan beberapa teman tentang aku yang menurut mereka terlalu perfeksionis, berkali-kali juga aku gagal menemukan jawaban yang pas. Jawaban yang kuharap bisa membenarkan anggapan mereka. But what? Tidak terdapat satu alasan pun yang bisa membuatku menerima dengan pikiran terbuka label yang direkatkan padaku itu.

Ketika aku ingin pakaianku match, gak tabrak lari kesana kemari, aku dibilang perfeksionis. Ketika aku tidak ingin terdapat satu kesalahan pun pada tugas kuliahku, aku dicap perfeksionis. Ketika rumahku kinclong dengan barang2 yang tersusun rapi, aku juga dijuluki perfeksionis. Ketika aku ilfil pas ngerasain terdapat butiran2 pasir di atas kasurku, aku dianggap perfeksionis. Dan ketika aku bete ngeliat perabot makan yang masih berminyak, dengan serta merta aku dikategorikan terlalu perfeksionis. Jadi bingung...

Oke, aku bahas poin pertama. Kayanya yang namanya pakaian kudu match, wajar kok. Secara estetika aja lah, misalnya atasan merah menyala dipadukan dengan bawahan yang merah menyala juga, trus dipake siang bolong, aneh gak siy? Hmm, mungkin gak juga yah. Sekarang kan banyak orang2 aneh yang berkeliaran di jalanan. Kalo kaya gitu paling banter juga dikirain P*IP lagi kampanye, atau sengaja pengen jadi umpan, sapa tau ada banteng lepas, hehe.

Poin kedua tentang tugas kuliah. Wah, gak jamannya lagi dibahas neh, sekarang kan jamannya tugas kantor. Yah, namanya juga newbie di dunia perkantoran, jadi paling2 yang gak boleh ada kesalahan adalah minimal di urusan pengetikan. Apalagi kalo bikin buku alias publikasi, satu karakter aja salah atau ada spasi yang agak nyeleneh, boz-ku tahu loh. Boz-ku tipe2 editor yang baik siy... Loh Wee, katanya mbahas masalah perfeksionis, kok malah belok. Hehe, bodo’ ahh...

Next case tentang rumah yang bersih bin rapi. Nah, kalo yang ini bener2 bukan karena perfeksionis, tapi karena kebutuhan naluriah manusia akan kenyamanan. Berhubung aku tipe2 anak rumahan, jadi yang namanya rumah memang harus bersih, barang2nya juga mesti tersusun rapi dan teratur. Lagi2 bukan masalah perfeksionis. Bukankah kalo rapi dan teratur kita sendiri yang diuntungkan. Kalo mau nyari2 barang gak bakalan grasa grusu bongkar sana bongkar sini padahal barangnya cuma sejengkal aja dari kaki. Halah, lebay... Tapi kalo lagi males n gak mood beres2, yah apa boleh buat. Terpaksa berpuas diri dulu dalam kondisi yang agak semrawut :D

Jalan2 di pantai dengan kaki telanjang memang enak, asal jangan pas matahari tepat di atas kepala ajah. Tapi kalo pasirnya terbawa ke rumah, sampai2 lantainya juga pasiran, kayanya gak enak lagi degh jatohnya. Pasti bakal cepat2 disapu ntu pasir. Trus, kalo pasirnya mampir di tempat tidur, hiiii... ilfil lah. Jadi aku rada heran juga kalo ngeliat orang yang bisa dengan nyenyaknya tidur di tempat tidur yang pasiran kaya gitu. Ada debu aja ilfil, palagi ditambah pasir. Coz of that, aku bener2 gak suka kalo tempat tidurku diinjak2, and I think it’s not because I’m a perfectionist,isn’t it?

Case terakhir adalah tentang perabot makan. Hmm, aku benar2 penilai yang baik untuk urusan yang satu ini. Hanya ada tiga hal diantara sekian banyak hal terkait yang ingin aku bahas di sini. Hal pertama adalah tentang gelas yang berminyak, wajarkah? Separah2nya lemak di gelas, paling2 karena santan, itu pun gak seberapa lah. Nah, kalau yang berminyak itu adalah piring, mangkuk, atau wajan... wajar. Namun jadi gak wajar kalau setelah dicuci lemaknya masih nempel. Uppss, jadi ngaco... oke, kembali ke jalan yang benar. Jadi idealnya, gak ada istilah yang namanya gelas itu berlemak. Masalahnya, aku sering banget liat orang yang dengan cueknya naruh gelas di dalam wajan berminyak, atau mangkuk penuh lemak, pas ngeberesin perabot makan yang kotor. Setengah idup ilfilnya liat gituan. Maklum, aku terbiasa saklek dari kecil, jadi gak ada istilahnya gelas dicampuradukkan dengan perabot makan yang lain. Gelas kan buat minum...

Hal kedua adalah tentang masalah cuci piring. Apa siy pengertian dari 'mencuci'. Gak perlu lah buka kamus, anak kecil juga tahu 'nyuci' artinya membikin bersih. Tapi anehnya, sering banget aku nemu perabot2 makan yang katanya sudah dicuci tapi kok masih adaaa aja bekas makanan yang nempel, misalnya bekas nasi yang kering dan mengeras di piring, atau bekas masak apaa gitu di dalam panci. Dalam hal ini, mood makanku akan berkurang, meskipun kalo laper ya tetep tancep gas juga...

Hal ketiga masih tentang cuci mencuci piring. Entah nyuci piringnya di wastafel atau bukan, yang penting menurutku adalah kewajiban meninggalkan tempat cuci piring dalam keadaan bersih, tanpa sedikitpun bekas makanan tersisa. Masalahnya, tidak jarang aku liat orang2 yang dengan cueknya ninggalin gitu aja tempat cuci piring padahal masih banyak banget bekas2 nasi berceceran. Ilfil gak siy...

Hhh, khusus untuk case terakhir ini, benar2 baru aku sadari dan temui sejak meninggalkan rumah menjadi perantau di tahun 2003 lalu. Dan lagi2... menurutku itu bukanlah suatu bentuk dari sifat perfeksionis, melainkan hanya ingin akan sesuatu yang berjalan secara ideal dan semestinya.

CASE CLOSED. Jadi mikir... awalnya kan ingin nulis tentang ke-perfeksionis-an, tapi kok ujung2nya jadi emosi, hehe ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar