Selasa, 17 April 2012

-83- He is My Father...

Repost from my fb's note...

Aku ingat beliau sering melakukan sidak pd tas sekolahku bahkan sampai aku SMU, khawatir menemukan brg2 aneh atau nilai jelek. Ah, rasa takutnya mungkin persis seperti Nobita yg kemudian menyembunyikan nilai nol dari mata ibunya. Lucu kalau diingat2 lagi sekarang. Aku juga ingat saat SMP beliau sering memprotes asesoris rambutku yg super rame saat ke sekolah dg kalimat, "Mau sekolah apa pesta?" Hahaha, dulu menyebalkan, tp skrg jd geli sendiri.

Aku juga ingat waktu SMU beliau tak pernah mengizinkanku mengikuti acara malam yg diadakan teman2 bahkan yg tempatnya jelas dan tak jauh dr rumah, khawatir anaknya jd nakal kali yah. Aku ingat beliau gak pernah gak protes (baca: marah) kalau melihatku keluar pake baju pendek yg panjang lengannya jauh di atas siku. Waktu itu aku menganggapnya gak gaul, anggapan yg baru kusadari kekeliruannya beberapa tahun kemudian. Aku ingat beliau selalu bertanya penuh selidik setiap ada telepon dr yg namanya laki2, mungkin khawatir anaknya keganjenan. Aku jg ingat beliau selalu menungguiku pd tiap tes masuk kuliah, sejak pagi ketika masuk ruangan sampai selesai dan aku keluar ruangan dg langsung menemukan sosoknya. Ah, rasanya semua baru terjadi kemarin saja padahal sekarang usiaku bahkan sdh seperempat abad.

Aku ingat beliau masih menggandeng tanganku ketika menyeberang jalan raya, khawatir anaknya gak liat ada motor yg ngebut. Aku ingat dlm sibuknya beliau selalu menyempatkan diri mengantarku kembali ke ibukota setelah beberapa lama liburan di rumah, khawatir anaknya sendirian dlm perjalanan, meskipun harus capek segera pulang pd hari yg sama. Aku ingat beliau memfotokopikan semua berkas2 ijazah dan teman2nya lalu dijilid rapi sbg peganganku dan membawa pulang yg asli, khawatir anaknya memerlukan semua berkas itu dan tetap berjaga2 atas keteledoran anaknya terhadap berkas2 yg asli. Aku ingat beliau gak pernah absen ke rumah Pak RT melaporkan keberadaanku di lingkungan ybs, khawatir anaknya dianggap liar dan ilegal. Aku ingat banyak hal dimana kata2 tak mampu merangkumnya, padahal saat semua itu terjadi aku sudah berstatus mahasiswa.

Aku msh ingat beliau bersama ibu sengaja datang utk menyepakati dan memastikan urusan makan sehari2ku dg ibu kostku. Aku msh ingat beliau menyempatkan bersilaturahim ke rumah atasanku sambil menitipkanku yg baru saja memasuki dunia kerja dan mgkn msh bertingkah spt anak kemarin sore. Aku msh ingat beliau jarang absen mengantarku kembali kesini setiap kali sehabis pulang ke rumah. Aku msh ingat beliau bersama ibu mengurusi brg2 rumahanku ketika kemudian kuputuskan utk gak ngekost lagi. Aku msh ingat beliau tetap membekaliku dg fotokopian berkas SK dan sejenisnya yg dijilid lengkap dan tetap mengamankan yg asli, sampai nanti katanya, setelah aku tak lagi nomaden dan sdh ada org lain yg akan menertibkannya. Aku msh ingat beliau msh tetap mjd warga yg baik, melaporkan keberadaanku pd Pak RT dan Pak RW. Aku msh ingat beliau ceramah panjang lebar ketika aku dibonceng tmn cowok kesana kemari ngukur jalan waktu lebaran. Aku msh ingat setiap kali kesini beliau selalu mengecek semua kunci drmh kontrakanku utk mengantisipasi ketidakamanan, menyoroti rumput tinggi di halaman blkg, khawatir ada ular bersarang, jg tak lupa mengecek dan membersihkan motorku, memastikan hingga nyaman dan aman dipakai. Semua terjadi saat aku bahkan sdh bekerja dan berada dlm masyarakat sbg individu tersendiri.

 He is my father. Tak cukup kalimat utk menggambarkan cinta dan tanggungjawabmu sbg seorang ayah atas seorang anak perempuan. Tak cukup paragraf utk menceritakan bagaimana dirimu menjagaku. Jika ada yg salah denganku, maka memang akulah yg salah Ya Rabb, krn beliau telah menjaga amanah itu dg sempurna. I love you father, always... walau kadang dalam debat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar